Tips Merawat Laptop

Gambar-Laptop

Laptop adalah portable komputer yang sering digunakan oleh orang-orang baik untuk bisnis, game, internet, maupun kegiatan lainnya yang mudah dibawa kemana-mana, untuk itu saat ini orang-orang lebih memilih menggunakan laptop dari pada komputer. Laptop mempunyai komponen yang lebih kecil dan sensitif di banding dengan komputer, maka dari itu harga spare partnya pun lebih mahal dari pada komputer. Jika kita menginginkan laptop yang kita gunakan tahan lama dan awet, maka perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan pada komponen-komponennya baik dalam segi hardware maupun softwarenya. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa Tips Cara Merawat Laptop :

Jaga Kebersihan Laptop

Lakukan Pembersihan Laptop secara berkala setelah pemakaian agar laptop yang digunakan selalu dalam keadaan bersih. Gunakan Lap halus, Pembersih layar,dan koas kecil untuk membersihkan area keyboard.

Jauhkan dari Getaran Elektromagnetik

Sebisa mungkin jauhkan laptop dari perangkat yang memiliki getaran elektromagnetik, seperti handphone, speaker, dan getaran elektromagnetik lainnya.

Jangan Memindah-mindahkan Laptop Saat Sedang Menyala

Jangan menganggap hal ini hal yang biasa, kebanyakan saat kita menggunakan laptop ada kalanya kita ingin berpindah tempat atau berpindah posisi, hal ini sangat tidak disarankan, dikarenakan jika kita memindahkan laptop saat sedang menyala ini bisa menyebabkan piringan harddisk laptop tergores headnya dan saya sarankan matikan terlebih dahulu laptopnya sebelum memindahkannya dan sebaiknya cari tempat yang datar untuk menempatkannya.

Jangan Meletakan Laptop di Tempat yang Menghambat Sirkulasi Udara

Hal ini juga termasuk hal yang penting, janganlah sekali-kali menggunakan laptop di atas tempat yang menghambat sirkulasi udara, contohnya : Menggunakan laptop diatas kasur, karpet, dan tempat lainnya yang dapat menghambat sirkulasi udara pada laptop.

Jangan Melepas Baterai Laptop

Kebanyakan ini terjadi di sekeliling kita, menggunakan laptop tanpa memasang baterai, hal ini sungguh sangat tidak disarankan, di karenakan jika kita langsung menggunakan arus dari adaptor untuk menyalakan laptop, maka arus tersebut akan langsung mengalir tanpa adanya stabilizer, seperti komponen yang ada di baterai laptop, karena arus dari adaptor bisa saja naik turun dan jika ini terjadi maka hal ini bisa merusak komponen dari laptop kita. Hal ini tentu sangat membahayakan laptop anda, jika saja saat menggunakan laptop tiba-tiba listrik mati, maka arus tersebut akan langsung terputus tanpa melalui stabilizer yang ada pada baterai, Jika hal ini terjadi maka mother board laptop pun akan rusak. Maka dari itu, pasanglah baterai walaupun baterai tersebut nge-drop untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan.

Gunakan Kipas Tambahan

Hal ini dapat membantu merawat laptop kita, karena dengan kipas tambahan bisa mempercepat sirkulasi udara di laptop untuk mengeluarkan udara panas, dan tentu saja hal ini dapat membuat komponen laptop kita lebih awet.

Gunakan Antivirus dan Software Seperlunya

Dalam penggunaan laptop, Antivirus juga dapat mempengaruhi dari kesehatan laptop kita, gunakan antivirus terbaik agar laptop kita sehat dari virus apapun dan jangan terlalu banyak menggunakan software karena bisa membuat laptop kita lelet, gunakan software yang aman dan pasang software yang kita butuhkan saja.

Baiklah, demikian beberapa tips untuk merawat laptop, semoga tips ini bermanfaat untuk anda.

0 comments: