Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna

cartridge tinta printer

Masalah yang sering kali timbul dalam mesin pencetak alias printer sudah tidak aneh lagi, berbagai masalah sering terjadi khususnya bagi anda yang sering melakukan pencetakan dirumah, salah satu masalah yang sering terjadi diantaranya warna tinta yang keluar dari cartridge pada kertas tidak sempurna.
Untuk anda yang sering ngeprint dokumen berwarna ataupun mencetak foto menggunakan printer rumahan Pastinya membutuhkan kesempurnaan warna yang keluar dari cartridge printernya. Jika salah satu dari warna printer itu yang tidak sempurna, tentunya akan mempengaruhi kualitas hasil foto yang akan dicetak. Jika hal ini dibiarkan, tentunya akan menjadi suatu hambatan bagi anda. Untuk itu kali ini saya akan memberikan tips bagaimana Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna, di antara lain adalah:

1. Buka dokumen Word, Klik file lalu pilih Print. Bisa juga buka aplikasi bawaan printernya lalu klik Setting
2. Klik properties yang ada di sebelah kanan atas.
3. Klik Maintenance lalu pilih Cleaning. Pada saat proses cleaning berjalan, cartridge bekerja memompa tinta     untuk menyemburkannya keluar, sehingga pada proses ini tinta yang membeku pada lobang kecil akan           dipaksa oleh cartridge untuk keluar. Jika Proses berjalan lancar, printer akan pulih normal kembali.
    NB : Lakukan proses Cleaning ini beberapa kali, agar warna tinta keluar sempurna.
4. Cek hasil cleaning dengan mengklik Nozzle Check yang ada di bagian tab, lalu pilih Print Check Pattern.       Printer akan bekerja menyemburkan tinta pada kertas dengan semburan warna hitam, merah, biru dan           kuning. Jika hasil cetakan warna terputus-putus maka proses cleaning belum sempurna.
5. Jika cara diatas belum juga berhasil, maka lakukanlah cara yang kedua yaitu dengan cara klik Deep               Cleaning. Proses kerja deep cleaning hampir sama dengan cleaning biasa, yang berbeda adalah dari               tingkat proses kerja, deep cleaning bekerja dengan tingkat hard cleaning. Jika proses deep cleaning telah       dilakukan, jangan lupa kembali lagi test hasil deep cleaning dengan cara klik Nozzle check.
    NB : Lakukan proses Deep Cleaning beberapa kali, hingga warna tinta keluar sempurna.

Jika dengan cara deep cleaning masih belum berhasil juga, maka cara lainnya adalah dengan cara manual yaitu cartridge harus direndam dengan air hangat sekitar beberapa menit. tujuan hal ini adalah untuk mencairkan tinta yang membeku pada lubang inkjet/injector.
Tips-tips di atas dilakukan jika kerusakan disebabkan karena tinta yang terlalu lama membeku di cartridge.
Maka, agar tidak terjadi pembekuan di lubang cartridge, sebisa mungkin printer harus sering dipakai, dan gunakan untuk mencetak seluruh warna minimal 2 hari sekali. Dan jangan lupa juga lakukan perawatan berkala pada printer terutama pada head cartridge, bersihkan dengan tisue minimal 1 bulan sekali.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna, semoga tips di atas bisa bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasinya.

280 comments:

  1. ass. mas bro printer saya uda beberapa hari terakhir ga mau keluar tinta hitamnya. sebelumnya tinta hitam bisa keluar jika kita setting dengan high bukan standar. tapi prosesnya lambat sekali. setelah itu tintanya tdak mau keluar lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. printernya sering di pake ato jrang pa?? udah di coba di rendam pake air hangat blum cartridge nya?

      Delete
    2. Kak saya mau nanya kenapa saat saya fotocopy di mesin printer saya kok tidak sesuai warnanya , sya copy warna hijau yang muncul jdi kuning ??

      Delete
  2. canon sama epson bagusan mana ya gan?kunjungi juga gan web ane www.hwisupport.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sama saja sih.. tp klo saya lebih condong ke epson.. :) oke sip..!!

      Delete
  3. rendemnya pake air panas banget ya gan terus direndam berapa menit gan :D punya ane kenak di cartridge warna gan :D soalnya warnanya cuman kuning doank :D solusinya gimana gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air nya jangan terlalu panas gan, cukup air hangat aja ya sekitar 15 menit,sampe kliatan airnya tercampur sama warna biru, merah, dan kuning. kalau udah keliatan tercampur di coba pasangin lagi cartridge nya lalu deep cleaning lg. dan cek hasilnya. kalau masih belum keluar tintanya, kemungkinan cartridge udah jelek gan. semoga bermanfaat.. :)

      Delete
    2. Bang Punya saya kok cuma biru muda sama biru tua aja warna lainnya hilang itu masalhnya sama kaya mas yg id atas ya ??

      Delete
  4. Gan kalo punya aku , waktu print gambar merah muda doang yang muncul, kuning , biru dn sbgnya , engga , alias ga sesuai gambar itu solusinya gimana ya !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan warna kuning dan birunya macet, klo printernya pake sistem infus ato cartridge bawaan?? udah di coba deep cleaning blum?

      Delete
  5. thanks gan atas infonya...
    sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 gan.. terima kasih juga sudah berkunjung.. :)

      Delete
    2. kakk...
      printer saya klo ngeprint warna
      malah jdi hitam putih ..
      cara ngatasin ny gmna ka

      Delete
  6. masih blm bisa jugaa, pdhl udh direndem, penting bgt lagi buat tugas :" kok yang nggk keluar warna merah aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo printernya pake sistem tinta infus ato cartridge bawaan?? klo di infus coba di cek di bagian selangnya gan, barang kali ada angin palsu...

      Delete
    2. Trus gimana biar angin palsunya keluar?

      Delete
  7. Gan semua tips diatas sudah gue lakukan tapi masih tetap tinta hitamnya gak mau keluar bahkan ganti cartridge masih tetap sama. ada solusi lagi gak Gan????

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan sebelumnya kalau printernya sistem tinta infus atau bukan??

      Delete
  8. pnya gua infus gan, kejadiaan nya sama kyk Crytal Crown, yaitu catridge warna merah tidak keluar,, sudah d coba semua tu cara, masih ada dia ngak nongol...
    solusi nya bagaimana ??
    salam hangat berbagi pengetahuan.7cc18d54

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cartridge nya udah di rendem Coba di cek di bagian selang infusnya gan biasanya di selang infus bagian cartridge suka terjadi angin palsu, klo udah di pastikan tidak ada angin palsu, coba di ganti cartridge baru dan pastikan posisi tabung tinta infus sejajar dengan cartride supaya tinta lebih mudah mengalir.
      Terima kasih sudah berkunjung semoga bermanfaat..

      Delete
    2. permisi gan mau tanya, printer saya hasilnya kok agak kehijauan ya, padahal warna lain kyak merah kuning normal semua. tpi klo hitam biru agak kehijauan. itu masalahnya apa ya gan..

      Delete
  9. bagaimana cara mengatasi tinta hitam pada printer canon infus 2770 pada saat mencetak warna hitam tidak bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah sudah dilakukan cara di atas sebelumnya? klo cara di atas sudah di lakukan coba di cek bagian selang infusnya apakah tinta pada selang terputus-putus atau terisi penuh pada selang? jika terputus-putus kemungkinan ada angin palsu, coba buka selang tinta hitam yang ke cartridge, lalu buka tutup tabung yg kecil, gunakan suntikan dan masukan kedalam lubang tabung infus tersebut untuk menekan tinta dan mengisi pada bagian selang sampai penuh. jika sudah penuh segera masukan kembali selang nya ke cartridge. setelah ini lakukan deep cleaning 2-3kali. Terima kasih semoga membantu...

      Delete
  10. gimana gan mengatasi katrid warna yang tidak keluar warnanya..padahal baru 1 bulan beli....

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo printernya pake sistem infus atau tidak? klo tidak kemungkinan cartridge yang bermasalah, coba lakukan maintenance dengan deep cleaning pilih yang warna nya saja, klo masih tidak bisa coba di bawa ke service center terdekat barang kali garansinya masih berlaku. Terima kasih semoga membantu...

      Delete
  11. Gan pronter saya epson L200. Setiap ngeprint tinta warna ga keluar. Mau coba head cleaning tp kok di properties ga ada folder maintance ya? Yg ada cuma layout aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap printer memang berbeda beda setingan nya, mungkin ada buku petunjuknya yang bisa memudahkan untuk melakukan maintenance nya..

      Delete
  12. gan mau tanya nih kalo printer warna gx kluar tintanya ketika ngeprin tapi pas catridge nya di tempelin ke tisu keluar tintanya

    mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada saat ngeprint kemungkinan besar itu terjadi karena ada sumbatan tinta yang kering pada lubang cartridge yang mengakibatkan terhambatnya cairan tinta untuk keluar, sedangkan jika pake tissu di tempelin itu hanya sisa dari rembesan cairan tinta itu sendiri. perlu di ingat bahwa lubang tinta cartridge itu sangat kecil sekali, sehingga jika printer jarang sekali di pakai bisa menyebabkan terjadinya sumbatan, usahakan lakukan print warna maks. 1 minggu sekali untuk menjaga printer agar tetap dalam kondisi baik... terima kasih sudah berkunjung.. semoga membantu..

      Delete
    2. Trus kalau tesumbat kayak gitu solusinya apa dong?

      Delete
  13. sangat membantu..

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  14. klo lampu color ink sama lampu gambar petir itu menyala bagai mana ya bisa di kasih mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sebelumnya,, bisa disebutkan printernya merk apa yah??

      Delete
  15. Bang mau tanya bang, ini printer saya gak bisa keluar tinta hitamnya bang dan emang printernya gak di pake udah hampir kurang lebih 1 bulan karena tinggal pulang kampung bang. Maslahnya tinta hitamny gak kluar ngeprint bang dan mau tanya apa ada hubungannya tinta warna jika tidak di isi saat ngeprint karena tinta warna udh gak saya isi lagi tpi waktu itu tinta hitamnya bisa di pake bang . Ada solusi gak bang
    Blum coba ngerendam pake air panas si catridgenya ? Dan catridgenya pas di buka kayak bocor tinta hitamnya ke tinta warna bang kok bisa ya bang
    Tlog balas di email atau sms saya bang
    Ebifebriansyah7@gmail.com

    ReplyDelete
  16. Mas, tolongin dong saya pkek printer canon pixma mg2570
    waktu saya ngeprint warna, tiba2 warna kuningnya habis, terus saya isi ulang, ee ttep nggak keluar, cuma yang kuning aja yang nggak keluar, yang biru dan merah tetep keluar. terus selang beberapa menit yang hitam yang habis, terus saya isi ulang jugaa,, ee kejadiannya sama nggak mau keluar tintanya padahal udah sering saya isi ulang baik2 aja tuh, terus kenapa sekarang jadi kayakgini ya :(
    padahal lagi penting banget buat ngeprint skripsi,,
    printernya rutin dipakek kok, lagian belinya juga masih dalam hitungan bulan, masih baru..
    kira2 kenapa ya mas ?
    mohon bantuannya :( bisa bales k email saya dwiayumaharani.dam@gmail.com
    ,makasih mas :)

    ReplyDelete
  17. kalau punya gua kuning yang gak mau keluar cara ngatasin nya gimana printer saya merknya canon MP250 SERIES PRINTER

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan deep cleaning jika masih tidak bisa coba lakukan cara di atas dengan merendam cartridge nya.. Terima kasih semoga membantu..

      Delete
    2. Kak punyaku yg gak mau keluar warna tintanya warna biru. Padahal udh deep cleaning beberapa kali. Selang warna biru tintanya gak mau naik sama sekali. Merk punyaku canon ip2700. Kalo solusi yg rendam di air hangat itu gmna cranya yaa kak?? Dri kepas catridgnya trus selangnua gmnaa??

      Delete
  18. gan,klo mau print warna hitam saja di epson t60 supaya warna hitamnya pekat,gmna gan? sudah di coba tapi masih kurang pekat

    ReplyDelete
  19. gan maaf sebelumnya, ini aku pke printer canon mp250 yang ada ft kopinya ini kalo dibuat ft kopi tinta hasilnya hitam tapi ketika buat ngeprintdokumen hasilnya warna hijau bagaimanakah solusinya mohon dijawab sebelumnya terimakasih hrp jawaban kirimkan kepambudiwicaksono@rocketmail.com

    ReplyDelete
  20. makasih sob atas informasi yg disampaikan

    http://myapotekacemaxs.com/obat-herbal-hernia/

    ReplyDelete
  21. minta bantuannya gan printer saya ga bisa keluar warna kuning sama merah canon IP 2770 GMNA CARA MENGATASINYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah di coba cara di atas? Coba lakukan deep cleaning, jika tetap tidak keluar coba cartridge nya di rendam pake air hangat. . Semoga membantu. . :)

      Delete
  22. Sangat membantu, terima kasih gan....

    ReplyDelete
  23. saat melakukan proses perendaman cartidge, tinta didalam cartidge harus dikeluarkan terlebih dahulu apa dibiarkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarkan saja mba, nanti pas di rendam tinta nya akan keluar dan akan terlihat airnya tercampur tinta dri cartridge tersebut..

      Delete
  24. permisi gan saya mau nanya
    saya kn baru beli printer epson t60 memakai tinta infus waktu di coba di toko hasil ny bagus di nozzle hasilnya bagus,tp pas saya pakai di rumah hasil nozzle warna kuning ny bercampur dengan warna hitam,sudah saya coba head cleaning berulang ulang malah hasil terputus putus
    gimana solusi ny gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di bersihkan dulu head cartridge nya menggunakan lap yg lembut, coba lakukan tes print warna hitam saja, warna saja, dan all color menggunakan software bawaan printer tersebut. . Klo hasil print nya terlihat warna nya bagus, bisa dilakukan tes print dokumen.. terima kasih semoga membantu.. :)

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. gan, printer ane yang cuman keluar warnanya cuman warna biru sama hitam, printernya jarang di pakai sih gan. gmana cara solusinya gan ? mohon bantuannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinta printer itu mudah beku apalagi kalau bukan bawaannya.. lakukan cara diatas insyaallah bisa.. kalau ga bisa kemungkinan tintanya habis :P

      Delete
  27. Malem gan. Butuh bantuan. Printer saya canon mp237. Sudah isi tinta tapi blum bisa buat print. Selalu muncul tulisan tinta habis di komputer. Trnyata setelah buka printer, tintanya trsumbat di ujung selang. JAdi tinta gak bisa masuk ke cartridge. Tolong kasih tips gan. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di bersihkan dahulu area ujung selang cartridge nya sampai bersih, lalu alirkan tinta sampai ke ujung selang tintanya sampai keluar tintanya sedikit juga gpp untuk menghindari masuk angin lalu sambil dimasukan selangnya ke ujung selang cartridgenya, pastikan bahwa tinta sudah terlihat mengalir memenuhi selangnya, lalu lakukan cleaning dan tes print. Terima kasih semoga membantu..

      Delete
  28. bang kalo pas dicek pake tisu warna kuningnya kluar tapi pas dipake ngeprint kuningnya ga kluar itu gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tintanya mampet di bagian lubang cartridge, coba di rendam air anget terus lakukan maintenance deep cleaning

      Delete
  29. Canon mp145 tinta warna tidak keluar, sdh direndam air panas, gmna tu bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan sudah terjadi pembekuan tinta yang menyumbat lubang cartridge atau kualitas cartridge nya sudah jelek

      Delete
  30. mau tanya di rendamnya itu cartridge yang bagian mananya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagian bawah nya aja, jgn sampe kerendem bagian konektornya

      Delete
  31. printernya canon pixma mp237. udah beberapa kali di deep cleaning tapi hasil printnya warna hitamnya masih belum sempurna. gimana ya gan? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan tahap yang terakhir, di rendam pake air anget gan

      Delete
  32. direbus aje mas, hbs tuh simpan 1 hari, saya udah alam sprt itu? trimakash

    ReplyDelete
  33. trimakash artikelnya, semoga ada manfaat bagi pembacanya? slam bloger

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasi juga sudah berkunjung... salam blogger :)

      Delete
  34. Gan mau nanya kalau catridge sudah diisi tapi pas mgeprint gk jeluar warnanya itu harus gmana ya gan makasih

    ReplyDelete
  35. Gan mau nanya kalau catridge sudah diisi tapi pas mgeprint gk jeluar warnanya itu harus gmana ya gan makasih

    ReplyDelete
  36. Gan mau nanya kalau catridge sudah diisi tapi pas mgeprint gk jeluar warnanya itu harus gmana ya gan makasih

    ReplyDelete
  37. Gan kok pas ane ngeprint kan warna data yang mau ane print warna merah tapi kok yang keluar malah hijau :3 terus pas ane print kolom kolom garisnya tidak lurus. Solusinya gan ?

    ReplyDelete
  38. Terus print ane yang keluar cuma hijau biru kuning sedangkan merah tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karna tinta merah nya mampet, klo pke sistem infus coba cek mulai dari kuantitas tinta merahnya, terus cek selang yang menuju ke cartridge, pastikan ga ada kebocoran dan tinta keluar dri ujung selang nya, terakhir bersihkan head cartridge nya, klo perlu di rendem air anget, terus lakukan maintenance deep cleaning.
      klo masalah nya msih berlanjut coba ganti cartridge dengan yang baru.
      Terima kasih sudah berkunjung... :)

      Delete
  39. kalo warna item aja yg bergaris garis itu kenapa ya mas gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada angin palsu dan head cartridge nya juga kotor, klo untuk yang pke tinta sistem infus coba lihat di bagian selangnya terlihat tinta nya terputus putus ga?? klo misalnya tinta terlihat penuh di bagian selang, coba lakukan maintenance cleaning, dan pastikan posisi tabung tinta sejajar dengan cartridge.
      Terima kasih sudah berkunjung... Semoga membantu... :)

      Delete
  40. Ass mas. sebelumnya, saya tidak mengalami masalah pada saat print. tetapi, ketika windows saya diinstall ulan, otomatis drivernya hilang. Saya pun mencoba download drivernya dari internet. Setelah saya install, yang di print hanya warna hitam saja. Saya cek catridge nya. Tinta warna masih keluar dengan lancar. Mungkin mas bisamembantu masalah yang saya alami. Sebelumnya, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tau sistem operasi yang di gunakan saat ini dan sistem operasi yang sebelumnya digunakan?? klo merk printer nya apa??

      Delete
  41. masalah mas badruz sama dngan saya, printer saya ip2770, saya cek di maintenance, trus saya ganti yg katrij warna aja, namun tidak mau keluar jg tinta magenta, kuning, hijau. cuma bisa print wrna hitam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek di bagian konektor cartridge nya dan konektor di tempat cartridge nya, brang kali terlihat konektor kuning nya kotor, bersihkan aja pke amplas yg tipis, dan pastikan saat pemasangan cartridge betul2 pas, dan coba cek lagi di maintenance.
      Semoga membantu... :)

      Delete
  42. Gan,, kalo tinta infus tinta warna merahnya kecampur item pas ngisinya,, trus gmna biar bsa d bersihin lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. kayanya itu harus di ganti tinta dri tabung nya sama murni yang warna merah trus keluarin tinta di cartridge nya, khususnya warna merah, bisa di deep cleaning yg cartridge warna saja dan di pake print aja sampe warnanya keliatan merah lg.. Good luck yah

      Delete
  43. Terimakasi gan, berhasil. sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2.. terima kasih sudah berkunjung.. :)

      Delete
    2. kalau saya printer ku yg keluar hanya warna biru hitam selebihnya warna yg lain mdak ada yang keluar mohon bantuannya kalau print saya bukna yg pakai infus

      Delete
  44. Di rendemnya setengah badan catridge apa semuany, ga eror tuh catridge, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedikit aja gan, yang di rendem nya bagian bawahnya aja tempat keluarnya tinta, jangan sampe kerendem sama konektornya yang kuning itu

      Delete
  45. Mau tanya, kalau printer saya Canon Pixma iP2700 pake infus, kemaren2 lancar ngeprintnya, tapi sekarang warnanya gak jelas/putus2 warna hitamnya. sudah dilakukan maintenance, resetter, bersihkan cartridge nya, dan sudah melancarkan tinta di selang infus tapi tetap aja masih putus2 warna hitamnya.
    kira-kira bagaimana solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo memang sudah melakukan pembersihan dengan cara di rendam dan di lakukan maintenance deep cleaning, kemungkinan cartridge sudah jelek dan harus di ganti baru. terima kasih semoga membantu...

      Delete
  46. mas mau tanya, catridge suntikan dalam keadaan penuh tapi tinta tidak mau keluar. Sudah direndam air hangat tetap saja tidak keluar. Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tidak keluar sama sekali tinta nya coba pastikan apakah terjadi kebocoran tidak pada cartridge tersebut, dan apakah saat di rendam terlihat tinta yang keluar yang mengkontaminasi warna air?

      Delete
  47. Gan klo punya sya bisa ngeprint tpi harus kualitas tinggi gan
    Tolong solusinya ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan itu cartridge nya sudah lemah gan.. klo mau normal lg harus di ganti baru..

      Delete
  48. Mas Fahrul,kenapa hasil print warnanya gak sesuai dengan gambar?misal,kuning jadi oren,gimana solusinya,makasih gan.....

    ReplyDelete
  49. aplikasi deep cleaning di mana yaa...adanya cuma head clening printer saya epson t13x trims

    ReplyDelete
  50. Kalo misalnya tintanya keluar smpe cair bnget gmana gan?

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. punya saya nggak merahnya nggak bisa keluar. padahal sering dipakai...

    ReplyDelete
  53. Mas saya mau tanya, printer saya type canon mp258, kenapa ya giliran saya mau ngeprint tinta hitam ny tdk keluar yg keluar malah tinta warna, tpi giliran fc malah bisa tinta hitam ny kleuar, itu solusinya g mna ya mas??

    ReplyDelete
  54. Gan saya mau nanya,kalau print saya cuma keluar warna hitam semua padahal saya sudah cleaning,deep cleaning, dan nozle check tapi nggak jadi, gimana ya gan cara memperbaikinya? Printer saya infus. Trima kasih

    ReplyDelete
  55. bg, kalo printer saya hasil prin yang hitamnya seperti dobel dan seperti melompat, terus terpotong ditengah. tapi kalau cetrik nya dipindahkan ke prin lain, hasilnya bagus bg. saya cobak ganti ketrik baru. diprinter saya. hasilnya juga sama seperti dobel dan terpotong, itu bagaimana solusinya bg. makasi bg..

    ReplyDelete
  56. numpg tanya mas.printer saya mp237 gak pk modif. tinta itemnya gak lancar. pas dites pd tissu hslnya bgs. pas cetak ato copy garis/loncat. trims.

    ReplyDelete
  57. numpang tanya bang, printer ane mp145 d buat cetak kok nadak bisa padahal katrid e masih baru,tp ane coba k printer yg sama bisa kira2 masalah pada apanya y bang,mohon b balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dicek konektor kuningan tempat dudukan cartridge nya gan yg ada pada printernya... Pastikan konektornya aman, tidak ada cacat ataupun kotor dan pastikan pas saat pemasangan..

      Delete
  58. Prin warna biru keluarnya merah muda , untung saja ketemu postingan ini, semua masalah bisa terselesaikan thnx www.wisatabaliku.com

    ReplyDelete
  59. merek canon MG2200 series printer XPS,tinta bawaan nihh, dahh dicoba semuanya nihh mas tpi tetap aja tinta hitamnya ngak mau keluar..padahal dahh diisi ulang semalam...tolong solusinya nih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek dulu conector kuningan nya mas dan pastikan terpasang dengan baik... jika masih begitu berarti masalahnya pada cartridge, jika ada coba pake cartridge yang sejenis atau ganti cartridge dengan yang baru.. terima kasih semoga membantu.. :)

      Delete
    2. Connector kuningannya tu yg mana nya ia mas ??

      Delete
    3. di body cartridge nya mas sama konektor kuningan di printernya tempat dudukan cartridge nya

      Delete
  60. Mau tanya kak, kalau tinta dari head keluar , tpi ketika di print warna biru menjadi warna merah, sudah di deep-clean beberapa kali tetap yg biru gak mau keluar. Mohon solusinya terimakasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa nya klo masalahnya seperti itu terletak di lubang cartridge nya yg tersumbat oleh tinta yg mengeras pada lubangnya... solusi perbaikannya coba di rendam pake air hangat, tp klo masih tetep ga bisa berarti penyumbatan nya udah permanen dan cartridge warna nya harus diganti... terimakasih telah berkunjung.. semoga membantu.. mohon maaf telat membalasnya karena kesibukan saya... terimakasih

      Delete
  61. Sangat masuk akal, terima kasih admin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama... terima kasih telah berkunjung.. mohon maaf telat saya baru online..

      Delete
  62. Mas saya cetak gambar pada printer canon ip2770 tapi kok gambarnya jd merah tua nggk sesuai dengan aslinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma sharing aja, memang seharusnya warna apa? Soalnya saya juga barusan isi tinta printer dan pas di print seharusnya warna hijau tapi yang keluar warna biru.. Terus saya tambahin tinta warna kuning lagi (walaupun tadi udah saya isi).. dan pas di print ternyata udah jadi hijau.. Jadi ya intinya itu kombinasi warna dasar nya mungkin yang kurang, makanya warna nya gak sesuai..

      Delete
    2. Sebelumnya terimakasih untuk mba Uli yang telah sharing solusinya... untuk masalah warna tergantung pada setingan dasar pada printernya itu sendiri, masalah ini sering terjadi pada tipe2 printer seperti ini, solusi dari saya coba dari gambarnya sebelum di cetak di seting brightness dan contrast nya agar lebih terang... terimakasih semoga membantu..

      Delete
  63. Selamat malam pak,
    Saya ingin bertanya, apa yang harus saya lakukan jika hasil print saya selalu salah warna (biru menjadi ungu), padahal catridge warna yg dipakai baru dan original, sedangkan saat dicek hasil scannya warnanya sangat sempurna. Kesalahan warna terjadi saat print saja.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk printernya tipe apa yah.. bisa dicoba dulu di lakukan reset ulang pabrik untuk printer nya?

      Delete
  64. Bang saya mau tanya di saat saya melakukan print Label misalkan background fullnya Biru tapi ko,ad warna merah yang keluar .solusinya gmna itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di cek dulu pada bagian head cartridge nya, jika tinta nya luber pada bagian head coba di bersihkan bagian head nya sampai bersih..

      Delete
  65. Mas saya mau nanya, knapa printer saya pada saat cetak warna yang mau hanya warna biru, warna kuning dan merahnya gak berfungsi. Padahal dari headnya tetap kluar semua..
    Mohon sarannya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di coba test print default printer nya.. jika warna kuning dan merah nya keluar putus2 atau tidak mau keluar sama sekali.. kemungkinan terjadi penyumbatan oleh tinta yg mengeras pada lubang cartridge nya... coba lakukan deep cleaning, jika belum ada perubahan coba di lakukan pembersihan head dengan air hangat.. terima kasih semoga membantu..

      Delete
  66. tinta merah, biru sama kuning nya itu tetap keluar dari lubang head nya. Tp pada saat test print default yg keluar cuma biru sama hitam doang.
    Klo tinta yg mengers nggak mungkin, sedangkan dihead nya ttp keluar.
    Gmana itu mas?

    ReplyDelete
  67. tinta merah, biru sama kuning nya itu tetap keluar dari lubang head nya. Tp pada saat test print default yg keluar cuma biru sama hitam doang.
    Klo tinta yg mengers nggak mungkin, sedangkan dihead nya ttp keluar.
    Gmana itu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo printer nya tipe tinta infusan apa pake tinta cartridge bawaan?? memang sebagian ada juga yg dikarenakan penyumbatan tinta nya cuma rembes aja di head tp pas di print tidak keluar... Karena Ada beberapa faktor lain jg, untuk pertama pastikan dulu tidak ada kebocoran angin palsu khususnya pada selang infusan jika memang pake tipe tinta infus, terus coba lakukan maintenance dengan cara deep cleaning atau direndam air hangat seperti tutorial pada postingan ini, jika memang masih belum keluar tinta nya, kemungkinan besar cartridge yang bermasalah dan coba diganti dengan cartridge baru... terima kasih semoga cepat terselesaikan.. :)

      Delete
  68. Gan kalau printer saya tidak mau print berwarna hanya hitam saja bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? Mohon bantuannya gan .

    ReplyDelete
  69. Gan kalau printer saya tidak mau print berwarna hanya hitam saja bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? Mohon bantuannya gan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek di bagian cartridge warna nya gan, apakah cartridge nya sudah terpasang dengan benar? jika semua sudah di cek dengan baik maka di coba ganti dengan cartirdge warna nya, kebanyakan masalah seperti ini terjadi pada cartridge nya.... terimakasih semoga membantu...

      Delete
  70. Kak.printer sy merk canon mg 2570s.. sdh diisi tinta hitamnya ttpi hasil cetakannya nggak hitam. Malahan kabur.. terus yang lain hitam yang lainnya kabur. Sy jga sdh mlkukan cleaning dan deep cleaning..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya masalah seperti itu karena adanya keterlambatan penyuplaian atau tersendatnya tinta dari tabung cartridge yang keluar melalui lubang cartridge. Biasanya hal ini terjadi karena adanya pembekuan atau mengeringnya tinta di bagian lubang cartridge, bisa jadi karena printernya jarang di pake atau hanya di pake sesekali saat di butuhkan saja tanpa di maintenance secara teratur yang menyebabkan masalah seperti ini. Solusinya coba di lakukan 2-3 kali deep cleaning terus lakukan cleaning nya saja, coba di test print, dan jika terlihat warnanya masih kabur atau putus2 bisa di coba dengan opsi terakhir dengan cara head cartridge nya direndam air hangat.... Terimakasih telah berkunjung semoga bisa membantu...

      Delete
  71. gan mau tanya nih, printer ane canon 2770 standart, pas ngeprint warna biru kok jadi warna hijau agak kekuning kuningan itu kenapa, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika masih original cartridge bawaan coba di cek gan tinta di cartridge nya apakah ada tinta warna yang udah abis... kebanyakan dari printer jenis ini jika ada salah satu warna yang habis tintanya kemungkinan terjadi hasil print warna tidak sesuai

      Delete
  72. mf bro, sy cetak foto pake canon 2770 tpi hasilanya ada sebagian gambar yg warnanya buram,gmn solusinya maklum pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. printer nya udah pake sistem infus belum gan? coba cek apakah ada jalur tinta yang tersumbat ataukah ada tinta yang sudah hampir habis, coba lakukan tes print dulu gan biar terlihat apakah ada warna yang hasil cetak nya tidak sempurna

      Delete
  73. Kk mau tanya hasil printer warna yang tidak sesuai dengan yang diinginkan gimana kk.. Aku udah coba deep cleaning tapi tetap tidak bisa.. Hasil print warnanya terputus2 (warna yang tidak diinginkan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hasil print nya putus-putus berarti ada masalah dengan jalur tinta warna tersebut yang menyebabkan penyuplaian tinta warna tidak lancar. jika masih pake cartridge bawaan bisa jadi lubang keluar nya tinta pada cartridge itu tersumbat. jika sudah dilakukan cleaning dan deep cleaning, coba dengan cara terakhir yaitu dengan merendamnya dengan air hangat.. terimakasih semoga membantu ya..

      Delete
  74. mas saya kan mau ngeprint warna tp yg keluar cuma warna hijau, itu gimana ya mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek terlebih dulu kapasitas masing masing tinta nya, jika sudah hampir habis silahkan lakukan pengisian ulang. jika sudah coba lakukan tes print terlebih dulu, jika yang keluar masih warna hijau saja coba lakukan cleaning dan deep cleaning lalu lakukan kembali tes print. jika terlihat masih warna hijau saja, coba lakukan pembersihan manual dengan cara merendam head cartridge dengan air hangat. Lakukan kembali tes print dan jika masih belum ada perubahan, kemungkinan cartridge rusak.
      Coba dilakukan pengecekan dulu secara bertahap ya gan, terimakasih semoga membantu ya

      Delete
  75. kak aku mengalami masalah pada tinta printer sering ngadat gitu kalo habis ngeprint, tapi sudah sering aku cleaned tetap aja begitu terus.

    ReplyDelete
  76. gan kenapa warna hijau aja yg keluar pas ngeprint foto????
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  77. Makasih banyak gan. You're the real most valuable person

    ReplyDelete
  78. Malam, saya mau nanya kenapa setiap saya ngeprint yang berwarna,seharusnya warna kuning malah berubah menjadi warna hijau. Itu salah dimana nya ya mas?
    Tolong bantu ya mas, soalnya sulit buat saya mu ngeprint tugas tugas kuliah saya mas.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. gan epson t60 warna hitam tidak tediteksi atau tanda kali sudah diriset melalui riset ketrik mciss jadi gimana solusinya gan

    ReplyDelete
  81. Gan mau tanya nih .printer epson l200 saya .
    Kalo ngprint warna merah tapi keluar warna kuning gan itu gimna ?

    ReplyDelete
  82. mhon bantuannya...
    kan saya suka print KTP buat sales mtor, knapa klo printnya di laptop DELL sama yang ACER keluarnya sesusai sma yang di edit hitam putih tapi klo laptop di ASUS meskipun di editnya hitam putih ataupun berwarna sama aja keluarnya ping muda ke tulisannya jadi pias aga ga kelihatan merk prinnya EPSON STYLUS
    TERIMAKASIH sebelumnya...

    ReplyDelete
  83. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  84. Mohon bantuanx gan..
    Saya baru beli catridge wrn hitam..tpi baru d pake mncetak bbrpa lembar wrnax berubah agak kemerahan..sdh sy coba deep cleaning tpi ttp ga brubah..mslhx dmn gan?tq

    ReplyDelete
  85. Malem bang.. printer sy pixma 2770 settingan normal ga pake infus. cartridge warna udah lama ga diisi. Pas skr ngisi yg kluar malah warna biru aja. Sudah sy deepcleaning berkli2 tp msh saja merah dan kuning ga keluar. Kemudian sy coba head cartridge nya dilap pake tissu yg dibasahin pake air anget, tetep aja cuma biru yg kluar. Dicoba direndem pake air anget yg kluar ke air malah tinta biru aja. Pas dicetak hasil deepcleaningnya head cartridge nya malah bleber. Apakah lubang tintanya tersendat atau malah tinta biru yg bocor?printer msh baru. Sekitar 5 bulanan

    ReplyDelete
  86. Warna biru gak ada, trus warna yg lain gk jelaa, gmana tu gan?
    Canon MG2570

    ReplyDelete
  87. Warna biru gak ada, trus warna yg lain gk jelaa, gmana tu gan?
    Canon MG2570

    ReplyDelete
  88. Kak, printer sy merk hp deskjet 2132. Msalah di print warna, knp kalau sy mau print warna hijau muda jadi hijau tua, merah jadi ungu, biru muda jadi ungu. Itu bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinta banjir. Apa lg baru selesai direfil sendiri. Coba lepas cartridnya.

      Delete
  89. Kak, printer sy merk hp deskjet 2132. Msalah di print warna, knp kalau sy mau print warna hijau muda jadi hijau tua, merah jadi ungu, biru muda jadi ungu. Itu bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinta banjir. Lepas cartridnya. Bersihkan dengan tisu, usap head 1 arah saja. Jangan di tekan terlalu keras. Pssang kembali dan tes ngeprin

      Delete
  90. sipp, caranya work buat canon IP2770, Makasih bang

    ReplyDelete
  91. Kak saya mau nanya, kenapa ketika printer saya L300 mengeprint gambar biru misalnya dan backgroundnya putih tiba2 warna birunya bisa ikut terseret dibackgroundnya ya? Alhasil background tidak putih.. gimana cara mengatasinya ya? Terima kasih

    ReplyDelete
  92. Printer saya canon mp 198, tinta kuning tidak mau keluar? Hasilnya malah menjadi hijau? Kira2 diapakan supaya hasilnnya kuning ya mas?

    ReplyDelete
  93. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  94. Gan.. Direndemnya tnggepmkn smuanya apa hnya bgian bwahnya aja?

    ReplyDelete
  95. Gan, kok punya saya pas lagi mencetak warna hitam malah keluar warna hijau.( canon ip 2270)
    Solusinya itu gimana ya gan? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  96. Terimakasih pak... Sangat membantu

    ReplyDelete
  97. Gan, print sy ga bisa cetak semua warna.. Padahal kalau kepala catridgenya ditempelin tisue msh bs keluar warnanya. Catridgenya jg masih terbaca kok.. Kalau cleaning maupun deep cleaning cm tinta hitam aja yg kluar.. Mohon solusinya gan.. Mksh

    ReplyDelete
  98. Good post. I learn something totally new and challenging on blogs I stumble upon on a daily basis. It will always be interesting to read articles from other authors and practice something from their websites...


    123 HP Setup Envy 4520

    ReplyDelete
  99. artikelnya sangat membantu sekali...jika punya masalah warna tercampur pada catridge bisa dilihat artikelnya disini sob Cara Memperbaiki Cartridge yang Warnanya Tercampur dengan mudah

    ReplyDelete
  100. saya mengprint warna merahnya berubah jadi pink..dan warna kuning tdk keluar..bgmn solusinya

    ReplyDelete
  101. warna.a gk bisa normall gimna solusinyaa...?

    ReplyDelete
  102. Saya ngeprint warna hitam, trus prinannya pecah pecahhhh ga lengkap. Itu gimana yaaaa? Udah di cleaning padahal

    ReplyDelete
  103. Alhamdulillah sy berhasil utk warnanya pdhl hanya sekali deep clean. Trimakasih infonya benar2 membantu.

    ReplyDelete
  104. Mas, mau nanya printer saya Deskjet Ink Advantage Series 1100 saya ngerprint dokumen tetapi hasil yang keluar warnanya merah muda dan warna hitamnya pun agak pudar kemerahan gimana soslusinya ya

    ReplyDelete
  105. Permisi gan, maaf mau tanya kalau punya saya Canon MP287 hari ini saya coba mau ngeprint gambar, full warna navy nya tapi yang kedetect keluar gambar malah merah semua. Itu masalah catridge nya rusak atau emang luber selang merahnya atau gimana gan? Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  106. Bang mau tanya koq warna merah ane ga mau keluar ya padahal biru ma kuning lancar. tiap print merah keluarnya kuning. mohon solusinya

    ReplyDelete
  107. Cara rendam cartridge nya gimana yaa ?
    Emang gak kenapa"? Kalau kena air ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rendam cuma bagian head nya saja gan..
      Tuang air hangat di piring tingginya skitar 1/2 cm

      Delete
  108. kalo warna hijaunya pas di print bergaris gimana gan tolong masukannya

    ReplyDelete
  109. Artikelnya bermanfaat bagi saya untuk memperbaiki warna printer saya.

    Kunjungi blog saya di http://siskaberliana.blogspot.com
    Dan website kampus kami di http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  110. permisi gan mau tanya, printer saya hasilnya kok agak kehijauan ya, padahal warna lain kyak merah kuning normal semua. tpi klo hitam biru agak kehijauan. itu masalahnya apa ya gan..

    ReplyDelete
  111. Gan yg dibawah head yg kaca bening itu ke gesek keras resikony apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resiko rusak bos..
      Gambar tidak stabil alisa kluar jalur

      Delete
  112. gan printer sy canon mp 237 biar pekat hitamnya bagaimana caranya ya,.,,soalnya saya pakai media Fullmark,,.semua setingan media kertas di Settingan sudah saya coba tapi hasilnya tetap sama

    ReplyDelete
  113. Printer cannon saya warna kuningnya gk stabil apa mslh nya ya gan

    ReplyDelete
  114. Tanya gan, printer ane warna merahnya ga keluar, padahal tintanya udah masuk di cartridge, tapi tetep ga keluar merahnya gan

    ReplyDelete
  115. Tanya gan, selesai di rendam air hangat cartidge nya di isi tinta lagi atau langsung d masukan kdlm printer? Terus d cleanning?

    ReplyDelete
  116. Mohn di bantu ka.
    Printr sy canon MP287 kok saat d print warnanya gak sesuai yg ada hnya warna biru ama kuning, pdhal catrige warnanya bru gi ganti . Tolng di bantu yah ..
    Mksh

    ReplyDelete
  117. Mau nanya ga, kok hasil print ane bergaris yah padahal tintanya lancar ane udah dam ane uda lakukan cleaning dan rendam di Air hangat,tp kok masih bergaris ya.

    ReplyDelete
  118. Mau nanya printer saya canon MP287 kalo print itu tidak sesuai warna hasil nya.. Gmn mengatasi nya ya ?

    ReplyDelete
  119. Trims atas info nya sangat bermanfaat dan membantu🙏

    ReplyDelete
  120. Mau nanya gimana caranya agar print 397 agar bagus karna kalau mau dipakai keterngannya periksa catric warna dan hitam selalu bergantian bagi dong solusinya

    ReplyDelete
  121. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  122. bang kalau saya cetak warna biru tapi setelah cetak hasilnya pink kenapa ya? solusinya gimana? udh saya cleaning dan deep cleaning beberapa kali tp tidak pengaruh

    ReplyDelete
  123. Bang, sy ada printer canon pixma G2000. Kl dipke ngprint warna yg keluar warnanya hijau semua. Solusinya bagaimana?

    ReplyDelete
  124. Makasih bang, printer ane normal lagi awalnya cuma keluar warna kuning doang

    ReplyDelete
  125. Gan mau tanya nih, printer canon saya buat print warna tu gak sempurna, udah dicoba deep cleaning awalnya proses bisa berjalan, setelah dicoba 4 kali ternyata masih macet, mau dicoba yang ke 5 kali malah ada pemberitahuan tinta warnanya abis padahal baru saya isi. Solusinya gimana ya gan biar kembali normal? Ini canon saya infus.

    ReplyDelete
  126. Z udah coba rendam air hangat tp masih tetap. Hasil cetakan tinta hitam tdk jelas

    ReplyDelete
  127. Z udah coba rendam air hangat tp masih tetap. Hasil cetakan tinta hitam tdk jelas

    ReplyDelete